Shinta Anggraini, 1113033058 (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN AJARAN 2014/2015. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (317Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (267Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (218Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (235Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (931Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran merupakan bagian dari pendidikan, yang didalamnya ditunjang oleh berbagai unsur-unsur pembelajaran antara lain, tujuan, materi pelajaran, sarana prasarana, situasi atau kondisi belajar, media pembelajaran, lingkungn belajar, model pembelajaran, serta evaluasi. Kesemua unsur-unsur pembelajaran tersebut sangat mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi belajar. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adalah 1) Apakah ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Way Tenong Kabupaten Lampung Barat Tahun Ajaran 2014/2015?. 2) Seberapa besarkah taraf siginifkansi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Way Tenong Kabupaten Lampung Barat Tahun Ajaran 2014/2015?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Exsperimental dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada, yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 3. Sampel yang digunakan adalah teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Selanjutnya, untuk mengetahui besarnya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dilakukan analisis data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif deskriptif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus uji t dan rumus korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Way Tenong, 2)Besarnya taraf signifikansi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran sejarah sebesar 0.46 yang jika dimasukkan kedalam tabel interpretasi korelasi termasuk kedalam kategori sedang.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 7535435 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 08:24 |
Terakhir diubah: | 09 Feb 2016 08:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20893 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |