1013069142, SUMARNI (2016) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Digilib Library.
|
File PDF
ABSTRAK DLL.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (118Kb) |
||
|
File PDF
cover1.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
instrumen.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa terutama pelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Sukabumi, oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang cara peningkatan aktivitas. Tujuan penelitian ini meningkatkan aktivitas pembelajaran IPA menggunakan metode diskusi. Tindakan penelitian ini terdiri dari tiga (3) Siklus. Pada setiap siklus akan dilakukan tindakan dengan langkah-langkah yang mengikuti tiga daur yaitu : rencana tindakan , pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Dalam pelaksanaan tindakan, dilakukan pembelajaran mata pelajaran IPA dengan menitikberatkan penggunaan metode diskusi. Diawali dengan Tanya jawab tentang struktur bagian tumbuhan, lalu menunjukkannya kedalam kelas, membagi siswa menjadi kelompok kecil dengan menggunakan metode diskusi. Dilanjutkan dengan latihan terbimbing yaitu guru membimbing siswa berdiskusi untuk memecahkan persoalan terhadap materi. Tahap terakhir dari kegiatan ini adalah latihan mandiri, yaitu siswa mengerjakan tugas secara individu. Setelah tindakan dilaksanakan, maka ditemukan fakta bahwa metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas IPA. Hal ini ditunjukkan semakin meningkatnya aktivitas, sehingga hasil evaluasi mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap siklus. Aktivitas belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode diskusi menunjukkan adanya peningkatan. Dari pertemuan siklus pertama terdapat 19 siswa yang aktiv dari 37 siswa dan pada siklus kedua terdapat 27 siswa yang aktiv dari 37 siswa serta pada siklus ketiga terdapat 33 siswa yang aktiv dari 37 siswa.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Apr 2016 02:34 |
Terakhir diubah: | 07 Apr 2016 02:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20909 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |