0643023037, YOGI PRATAMA (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI ASAM BASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN LKS BERBASIS INKUIRI. digilib library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER 1.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAPUS.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (143Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru bidang studi kimia kelas XI IPA2 di SMA Persada Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep kimia siswa kelas XI IPA2 tahun pelajaran 2009 -2010 pada materi asam basa yang mencapai ≥62 hanya 50 % . Kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan untuk pelajaran kimia adalah 80 % siswa mem- peroleh nilai 62. Aktivitas belajar siswa juga masih rendah. Penyampaian pem- belajaran pada materi pokok asam basa yaitu dengan metode ceramah, latihan soal, dan tanya jawab. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan persentase: (1) rata-rata setiap jenis aktivitas on task siswa; (2) rata-rata penguasaan konsep; dan (3) kriteria ketuntasan mini- mal (KKM) melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD mengunakan LKS berba- sis Inkuiri dari siklus ke siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase: (1) rata-rata tiap jenis aktivitas on task siswa dari siklus ke siklus; (2) peningkatan penguasaan konsep asam basa, yaitu dari siklus I ke siklus II sebesar 16,88% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 12,85 %; dan (3) ketuntasan belajar siswa sebesar 35,29 % dari 29,41 % menjadi 64,70 % pada siklus II dan 20,59 % dari 64,70 % menjadi 85,29 % pada siklus III. Indikator kinerja yang ditetapkan telah tercapai. Kata kunci: pembelajaran kooperatif teknik STAD, aktivitas, penguasaan konsep.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:48 |
Terakhir diubah: | 18 May 2016 06:48 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20940 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |