PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS VI SD 8 GEDUNG AIR BANDAR LAMPUNG

1013069025, ENDANG HERTATI (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS VI SD 8 GEDUNG AIR BANDAR LAMPUNG. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (1345Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (2785Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (3065Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (2785Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (982Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (8Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa terutama pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SDN 8 Gedung Air. Tujuan penelitian ini adalah menigkatkan prestasi belajar siswa terutama pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model kooperatif terpadu membaca dan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif, yang berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan penelitian ini terdiri dari tiga (3) siklus. Pada setiap siklus akan dilakukan tindakan dengan langkah-langkah yang mengikuti empat daur yaitu: rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaan tindakan, dilakukan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menitikberatkan penggunaan model kooperatif terpadu membaca dan menulis pada pelajaran Bahasa Indonesia. Diawali dengan Tanya jawab tentang cara membaca secara intensif dan siswa mengelompok pada kelompoknya masing-masing. Guru membimbing siswa berdiskusi untuk memcahkan persoalan sesuai dengan informasi yang didapat dari kelompok. Tahap terakhir dari kegiatan ini adalah latihan mandiri, yaitu siswa mngerjakan tugas secara individu. Model kooperatif terpadu membaca dan menulis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga hasil evaluasi siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap siklus. Hasil tes belajar siswa setelah pelaksanaan model kooperatif terpadu membaca dan menulis di kelas menunjukkan adanya peningkatan 45% terhadap prestasi belajar siswa yaitu dari siklus pertama 53,21 mengalami peningkatan hingga mencapai rata-rata 71,89 pada siklus ketiga. Hasil ini sudah mencapai KKM sebagaimana telah ditetapkan dalam indikator keberhasilan dalam penelitian ini. Kata kunci: peningkatan, prestasi belajar, model kooperatif terpadu membaca dan menulis

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 18 May 2016 06:49
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20956

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir