PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN ANTARA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN LEARNING CYCLE 6 PHASE

0713023014, ADITYA AYUWULANDA (2016) PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN ANTARA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN LEARNING CYCLE 6 PHASE. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover Hasil.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab1.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
babII.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab.III.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
babIV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (82Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab V.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia di SMAN 1 Pringsewu di-dapatkan nilai rata-rata tes formatif materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kela-rutan kelas XI IPA tahun pelajaran 2009-2010 adalah 68,9. Siswa yang men-dapat nilai ≥ 73 hanya 53,125%. Hal ini terjadi karena selama ini pembe¬lajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah yang bersifat memberikan infor-masi saja dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Model pem-be¬lajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dan bersifat konstruktivistik antara lain adalah model pembelajaran learning cycle 6 phase dan inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan mana yang lebih tinggi antara pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pembelajaran learning cycle 6 phase pada siswa SMA Negeri 1 Pringsewu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel atas dasar pertimbangan tertentu. Diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen II. Penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent pretest-posttest control group design. Variabel bebas yaitu pembelajaran dengan model inkuiri ter-bimbing dan learning cycle 6 phase. Variabel terikat yaitu penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan siswa. Data penguasaan konsep yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata penguasaan konsep dan rata-rata penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan pembe¬lajaran menggunakan model learning cycle 6 phase lebih tinggi dari inkuiri terbimbing Kata kunci : Penguasaan konsep, model pembelajaran inkuiri terbimbing, model pembelajaran learning cycle 6 phase

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 May 2016 06:49
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20964

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir