0713023014, ADITYA AYUWULANDA (2016) PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN ANTARA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN LEARNING CYCLE 6 PHASE. digilib library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Hasil.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab1.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
babII.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab.III.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
File PDF
babIV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (82Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia di SMAN 1 Pringsewu di-dapatkan nilai rata-rata tes formatif materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kela-rutan kelas XI IPA tahun pelajaran 2009-2010 adalah 68,9. Siswa yang men-dapat nilai ≥ 73 hanya 53,125%. Hal ini terjadi karena selama ini pembe¬lajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah yang bersifat memberikan infor-masi saja dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Model pem-be¬lajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dan bersifat konstruktivistik antara lain adalah model pembelajaran learning cycle 6 phase dan inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan mana yang lebih tinggi antara pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pembelajaran learning cycle 6 phase pada siswa SMA Negeri 1 Pringsewu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel atas dasar pertimbangan tertentu. Diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen II. Penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent pretest-posttest control group design. Variabel bebas yaitu pembelajaran dengan model inkuiri ter-bimbing dan learning cycle 6 phase. Variabel terikat yaitu penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan siswa. Data penguasaan konsep yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata penguasaan konsep dan rata-rata penguasaan konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan pembe¬lajaran menggunakan model learning cycle 6 phase lebih tinggi dari inkuiri terbimbing Kata kunci : Penguasaan konsep, model pembelajaran inkuiri terbimbing, model pembelajaran learning cycle 6 phase
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:49 |
Terakhir diubah: | 18 May 2016 06:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20964 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |