PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM KOLOID ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DISERTAI PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN METODE TANYA JAWAB DISERTAI MEDIA VISUAL

0713023030, LAILY TRIO ANDILA (2016) PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM KOLOID ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DISERTAI PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN METODE TANYA JAWAB DISERTAI MEDIA VISUAL. digilib library.

[img]
Preview
FIle PDF
BAB 1.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 2.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 3.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (226Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
2 ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
10 DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru kimia di SMA Muham-madiyah I Pringsewu didapatkan nilai penguasaan konsep materi pokok sistem koloid kelas XI IPA tahun pelajaran 2009-2010 adalah 54. Siswa yang mendapat nilai ≥ 65 hanya 23,75%. Selama ini metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab yang tidak menarik minat dan mengaktifkan siswa sehingga penguasaan konsep rendah. Inovasi pembelajaran perlu dilakukan dengan menggunakan metode yang bervariasi. Salah satunya metode diskusi disertai permainan ular tangga. Metode lain adalah tanya jawab disertai media visual. Keduanya dapat meningkatkan minat dan aktivitas siswa sehingga meningkatkan penguasaan konsep. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui perbedaan rata-rata penguasaan konsep sistem koloid antara pembelajaran menggunakan metode diskusi disertai permainan ular tangga dengan metode tanya jawab disertai media visual. 2) Untuk mengetahui rata-rata penguasaan konsep yang lebih tinggi di antara keduanya. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2010/2011 yang terbagi ke dalam tiga kelas. Sampel diambil menggunakan teknik purposif sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan pretes-postes tak ekivalen. Variabel bebas yaitu pembelajaran dengan metode diskusi disertai permainan ular tangga dan metode tanya jawab disertai media visual. Variabel terikat yaitu penguasaan konsep sistem koloid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata penguasaan kon-sep. Rata-rata penguasaan konsep sistem koloid siswa dengan pembelajaran menggunakan metode tanya jawab disertai media visual lebih tinggi dari pada rata-rata penguasaan konsep sistem koloid dengan menggunakan metode diskusi disertai permainan ular tangga. Kata kunci : Penguasaan konsep, metode diskusi, permainan ular tangga, metode tanya jawab, media visual

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 May 2016 06:49
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20967

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir