EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID

0713023032, LIDIAWATI (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. Cover.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (96Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan wawancara diperoleh informasi nilai rata-rata tes formatif pada materi pokok koloid pada tahun pelajaran 2009-2010 adalah 5,5 dan yang men-capai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 51,85%. Meskipun pem-belajaran di sekolah tersebut melaksanakan kegiatan praktikum, namun dalam pelaksanaannya siswa tidak dilatihkan keterampilan mengkomunikasikan sebagai salah satu keterampilan proses sains karena tabel maupun grafik hasil pengamatan telah tersedia dalam LKS dan siswa tidak dilatihkan mengungkapkan gagasan secara tertulis. Oleh karena itu, peneliti merancang pembelajaran dengan me-nerapkan metode problem solving untuk melatih keterampilan mengkomunikasi-kan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas metode problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Abung Semuli Tahun Pelajaran 2010/2011. Sampel diambil mengguna-kan teknik cluster random sampling, berdasarkan teknik ini diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan rancangan pretes-postes control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode problem solving dan pembelajaran konvensional, dan variabel terikatnya adalah keteram-pilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep. Data yang diperoleh dianali-sis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menerapkan metode problem solving dengan pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan metode problem solving lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep koloid daripada pembelajaran konvensional. Kata kunci : metode problem solving, pembelajaran konvensional, keterampilan mengkomunikasikan, penguasaan konsep, koloid

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 May 2016 06:49
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20969

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir