PELAKSANAAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 BAGELEN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013

1013109032, Meli Susilowati (2016) PELAKSANAAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 BAGELEN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (1998Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (2799Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode demonstrasi dengan media lingkungan pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 4 Bagelen Kabupaten Pesawaran dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang dilihat dari penguasaan konsep. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 4 Bagelen kabupaten Pesawaran dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Selanjutnya pada siklus kedua jenis kegiatan yang dilaksanakan bersama guru mitra adalah memperbaiki rencana, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi dan kamera yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan metode demonstrasi dengan media lingkungan menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran, (2) hasil belajar IPA siswa melalui metode demonstrasi dengan media lingkungan menunjukkan kemajuan yang signifikan baik secara individu maupun secara kelompok yaitu pada siklus 1 secara keseluruhan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan minimal berjumlah 17 orang dengan nilai rata-rata 60,81 dan pada akhir siklus 2 siswa yang telah mencapai skor ketuntasan minimal sebanyak 32 orang atau sekitar 82,05%, sisanya 7 orang atau 17,95% masih belum mencapai skor ketuntasan minimal. Dengan demikian metode demonstrasi dengan media lingkungan dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar, metode demonstrasi

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 18 May 2016 06:51
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20982

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir