Devi Novitasari, 11130041019 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (284Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (277Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (306Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (758Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, danpenilaian pada kegiatan pembelajaran menulis teks cerita pendek di SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kegiatan pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Lampung dari kegiatan perencanaan yang disusun oleh guru berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan rekaman. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu; 1) mengamati data yang telah diperoleh berdasarkan instrumen analisis perencanaan, pelaksanaan kegiatan yang meliputi aktivitas guru dan siswa, dan penilaian pembelajaran; 3) mengamati data yang berupa RPP yang telah dirancang guru lalu dideskripsikan dalam bentuk uraian atau berupa teks yang bersifat deskriptif; 3) menyimpulkan kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran berupa perencanaan, pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, dan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam kegiatan pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013 yang meliputi beberapa komponen yang tertera dalam RPP yaitu, identitas mata pelajaran, perumusan indikator, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan materi ajar, pemilihan sumber belajar, pemilihan media belajar, model pembelajaran, skenario pembelajaran, dan penilaian. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas yang dilakukan guru meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan, guru telah melaksanakan kegiatan dengan baik dan sistematis yaitu melakukan apersepsi dan motivasi dan penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan. Pada kegiatan inti dan kegiatan penutup yang dilakukan guru berupa penguasaan kelas, melakukan refleksi, pemberian tugas dan lainnya. Berdasarkan pendekatan yang diterapkan dalam kurikulum 2013 yaitu pendekatan scientific bahwa ada beberapa aktivitas siswa yang terjadi di kelas. Aktivitas siswa yang meliputi (1) aktivitas mengamati, (2) aktivitas menanya, (3) aktivitas mencoba, (4) aktivitas menalar, dan (5) aktivitas mengomunikasikan. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi langsung, penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tulis dan tes lisan, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tes praktik. Kata kunci: Pembelajaran, Menulis, Cerita Pendek
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 4674228 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Feb 2016 06:52 |
Terakhir diubah: | 16 Feb 2016 06:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21041 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |