ROKHIMAH , 1013079103 (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JATI BARU KECAMATAN TANJUNG BINTANG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3372b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (3347b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (229Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (541Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (63Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran IPS kelas IV di SDN 1 Jatibaru Tanjungbintang. Berdasarkan observasi awal diperoleh aktivitas siswa pasif dan hasil belajar masih rendah. Tujuan peneliti adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunaan metode diskusi. Metode penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (clasroom action reserch) yang bersifat reflektif dan kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observasion), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tulis. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa lembar pengamatan aktiviatas siswa, lembar pengamatan kinerja guru, dan lembar penilaian tes formatif dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 70,30%, dengan katagori cukup aktif, pada siklus II mendapat 81,21% dengan katagori sangat aktif dan pada siklus III mencapai 90,30% dengan katagori sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 24,24% pada siklus II meningkat menjadi 60,61% dan mejadi 93,94% pada akhir siklus III. Kata kunci : metode diskusi, aktivitas dan hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 5307262 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Feb 2016 07:53 |
Terakhir diubah: | 23 Feb 2016 07:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21170 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |