DEWI KARTIKA SARI , 1423041007 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS X SMAN 1 REBANG TANGKAS KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2133Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2134Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan menemukan kata pertama untuk menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik dan meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SMAN 1 Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan. Siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 30 September 2015 dan siklus II pada tanggal 11 November 2015. Siklus I contoh penulisan akrostik diberikan oleh guru dan siklus 2 contoh penulisan akrostik dilakukan pemodelan, yaitu puisi dibuat oleh siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik akrostik dapat meningkatkan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa. Selain itu, teknik akrostik dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis puisi, yaitu dari rerata pada siklus I sebesar 57,61% meningkat menjadi 80,44% pada siklus II. Dengan persentase ketuntasan sebesar 46,87% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 7 7 , 4 1%. Mengacu pada indikator keberhasilan penelitian yang menetapkan sebesar 75% siswamengalami ketuntasan dalam menulis, maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Kata kunci: teknik akrostik, menulis puisi ABSTRACT The problem of this study was to student difficult finding the first word to write poem. The purpose of this study was to describe the implementation of the teaching of writing acrostic poem using the techniques and improve learningoutcomes writing acrostic poem using the technique. This research was a classroom action research conducted in two cycles. The results showed that the technique can improve learning acrostic poetry writing skills of the students. Moreover, the technique can improve outcomes acrostic poetry writing skills, that of the average in the first cycle of 57,61 % increase to 80.44 % in the second cycle. With the percentage of completeness of 46,87 % in the first cycle and increased in the second cycle of 77,41 % . Referring to studies that establish indicators of success of 75% of students experienced thoroughness in writing, so this research was considered passed . Keywords: acrostic technique, learning to write poetry.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 8987085 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 03:01 |
Terakhir diubah: | 08 Apr 2016 03:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21645 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |