PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ADE AYU ERES SETYARINI, 1213053003 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3979Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3540Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan di kelas IV SD Negeri 8 Metro Utara, diketahui hasil belajar IPS siswa pada ulangan tengah semester ganjil masih rendah, dari 20 orang siswa kelas IV A hanya ada 4 orang siswa atau 20% siswa telah mencapai KKM dan ada 16 orang siswa atau 80% siswa belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe think talk write dengan media lembar kerja siswa terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas IV SD Negeri 8 Metro Utara. Jenis penelitian adalah penelitian eksprimen dengan rancangan eksperimen Non Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 47,50, dan nilai rata-rata posttest sebesar 66,50, meningkat 19,00. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen menunjukkan angka 0,36, selisih 0,12 dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui Independent Sample t-test dengan menggunakan data N-Gain diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,025, jika dibandingkan dengan ketetapan α = 0,05 maka nilai 0,025 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe think talk write dengan media lembar kerja siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kata kunci: model think talk write, media lembar kerja siswa, dan hasil belajar IPS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 3275812 . Digilib
Date Deposited: 13 Apr 2016 08:04
Terakhir diubah: 13 Apr 2016 08:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir