MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus Pada Pembelajaran Bahasa Anak Tunarungu di SLB PKK)

Endin, ARIE LAILI NOPPRIMA (2014) MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus Pada Pembelajaran Bahasa Anak Tunarungu di SLB PKK). UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (287Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (270Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (290Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (276Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (248Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (412Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Sistem identifikasi dan asesmen anak tunarungu dalam pembelajaran bahasa di SLB PKK Provinsi Lampung, 2) Proses pembelajaran anak tunarungu dilihat dari kebijakan mutu yang digunakan, rumusan kelulusan yang ditetapkan, pengembanagan kurikulum yang dipakai, perencanaan pembelajarannya serta pelaksanaa pembelajaran dan evaluasi pembelajaran bahasa anak tunarungu di SLB PKK Provinsi Lampung, 3) Hasil yang dicapai dalam pembelajaran bahasa anak tunarungu di SLB PKK Provinsi Lampung. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan fenomenologis, sedangkan subyek penelitian ini adalah guru kelas 1, guru kelas 2 dan guru kelas 3 tingkat SDLB di SLB PKK Provinsi Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran anak berkebutuhan khusus dalam hal ini pembelajaran bahasa anak tunarungu menyimpulkan (1) Identifikasi dan asesmen telah dilakukan dengan baik terhadap siswa untuk mengetahui kemampuan dan kebutuhannya. (2) Proses manajemen pembelajaran bahasa pada anak tunarungu di SLB PKK Provinsi Lampung telah terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari: kebijakan mutu yang telah sesuai dan dilaksanakan berdasarkan visi dan misi sekolah, rumusan kelulusan siswa yang telah sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan BSNP, Pengembangan kurikulum yang digunakan telah disesuaikan dengan tingkat kebutuhan anak, perencanaan pembelajaran yakni dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), telah dibuat dengan peraturan yang berlaku sesuai dengan kurikulum sekolah, Pelaksanaan pembelajaran bahasa pada anak tunarungu meliputi kesiapan pembelajaran, langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode khusus pembelajaran bahasa yakni metode maternal reflektif telah dilaksanakan dengan baik, evaluasi yang telah diterapkan dengan baik, (3) Hasil dari proses manajemen pembelajaran bahasa adalah kemampuan komunikasi yang baik bagi siswa tunarungu. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa, Anak Tunarungu The aim of the research was to identify and describe the learning management special needed case study for language learning to the deaf children in SLB PKK Provinsi Lampung: 1) The system of identification and assesment for language learning to the deaf children in SLB PKK Provinsi Lampung, 2) Learning process to the deaf children look at the management quality, the graduates for the deaf children, plan on implementing learning program and the implementation learning and the last is evaluation for language learning program to the deaf children in SLB PKK Provinsi Lampung, 3) The final result to get in language learning program to the deaf children in SLB PKK Provinsi Lampung. Design of the research is qualitative with fenomenology approach meanwhile the object is the teachers for grade one, grade two and grad three for elementary school at SLB PKK Provinsi Lampung. The results showed that the management of children with special needs in learning this language learning children with hearing concluded (1) Identification and assessment has been done to determine the ability of the students and their needs . (2) The management process of language learning in children with hearing impairment in Lampung province of SLB PKK has done well . This can be seen from : the quality policy is appropriate and implemented based on the vision and mission of the school , graduation formula that has been in accordance with the competency standards established BSNP , curriculum development used was adjusted to the needs of children , namely the preparation of lesson plans learning Implementation Plan ( RPP ) , was created by legislation in force in accordance with the school curriculum , implementation of language learning in children with hearing impairment includes learning readiness , learning implementation measures by using a special method of learning the language of maternal reflective method has been implemented, evaluation has been well implemented , ( 3 ) Results of the process of language learning management is good communication skills for students with hearing impairment . Keywords: Management of Education, Inclusive Education, Elementary School

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 05 Jul 2014 04:45
Terakhir diubah: 30 Oct 2015 02:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2182

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir