RAGAM BAHASA DALAM ACARA TALK SHOW KICK ANDY PERIODE MEI 2015 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

INDAH YUNI WULANDARI , 1213041041 (2016) RAGAM BAHASA DALAM ACARA TALK SHOW KICK ANDY PERIODE MEI 2015 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1654Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1482Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah ragam bahasa dalam acara talk show Kick Andy periode Mei 2015 dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam bahasa dalam acara talk show Kick Andy periode mei 2015 dan mengetahui implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi, simak bebas libat cakap, dan catat dalam pengumpulan datanya. Sumber data pada penelitian ini adalah percakapan pembawa acara dan bintang tamu dalam acara tersebut, datanya adalah percakapan yang mengandung ragam bahasa antara pembawa acara Andy F. Noya dan bintang tamu dalam acara talk show Kick Andy. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan ragam bahasa dalam acara talk show Kick Andy periode Mei 2015 berdasarkan empat segi, yaitu (1) Penutur, antara lain: a) ragam dialek, misalnya nandor, ndak, sampean, dan atos. b) ragam kolokial, misalnya kata dok (dokter), pak (bapak), ya (iya), dan minta (meminta). c) ragam bahasa jargon, misalnya mobilitas, disabilitas, diamputasi, dan divonis. (2) Keformalan, antara lain a) ragam formal, misalnya bercerita, mengajak, fisiknya, dan merasakan. b) ragam usaha, misalnya “… lalu apa hebatnya guruguru yang akan saya ajak ngobrol hari ini? Mari kita langsung panggil pak guru Untung.” c) ragam santai, misalnya sampe, tak, dulu, dan dulu. (3) Sarana, yaitu ragam lisan, misalnya “Anak-anak tercengang-cengang lihat saya mengajar karena tulisan saya.” (4) Kependidikan, yaitu ragam kependidikan, misalnya mengucapkan maaf, Indonesia, huruf, dan pikir. Selanjutnya, dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI semester ganjil tentang menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu, khususnya aspek berbicara. Kata Kunci: Ragam bahasa, talk show, dan implikasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 9602807 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:18
Terakhir diubah: 28 Apr 2016 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21998

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir