PENINGKATAN PERCAYA DIRI MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMK PENERBANGAN BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

RINI LARASSATI , 1213052037 (2016) PENINGKATAN PERCAYA DIRI MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMK PENERBANGAN BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1279Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (744Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kurang percaya diri. Permasalahan penelitian ini “apakah layanan bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan percaya diri siswa’’. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas XI SMK Penerbangan Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, dan dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subyek penelitian 10 orang siswa kelas XI SMK Penerbangan Bandar Lampung yang kurang percaya diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan percaya diri pada siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest percaya diri yang diperoleh bahwa sig. = 0,000 < 0,05 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa layanan bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas XI SMK Penerbangan Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Saran yang dapat diberikan (1) kepada guru bimbingan konseling, hendaknya dapat mengadakan kegiatan bimbingan kelompok secara rutin dengan teknik penugasan untuk dapat meningkatkan percaya diri siswa, dan (2) kepada para peneliti, hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah yang sama dengan subjek yang berbeda. Kata kunci : bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, percaya diri.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 27902162 . Digilib
Date Deposited: 29 Apr 2016 07:43
Terakhir diubah: 29 Apr 2016 07:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22093

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir