PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 SUMBER BAHAGIA

MAYA SAFITRI , 1213053069 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 SUMBER BAHAGIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3931Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, hanya 5 orang (25%) dari 20 orang siswa mencapai KKM 66 pada pembelajaran IPS di kelas IVB SD Negeri 2 Sumber Bahagia. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap yang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari persentase siswa aktif, siklus I sebesar 70,00% kategori aktif dan siklus II sebesar 85,00% kategori sangat aktif. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa klasikal, siklus I 65,88 dengan persentase ketuntasan 65,00% kategori tinggi, siklus II 73,88 dengan persentase ketuntasan 80,00% kategori sangat tinggi. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe NHT, media gambar, aktivitas belajar, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 27678443 . Digilib
Date Deposited: 10 May 2016 06:37
Terakhir diubah: 10 May 2016 06:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22233

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir