PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVA SD NEGERI 2 METRO PUSAT

ADINDA AGENG SYAHPUTRI , (1213053004) (2016) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVA SD NEGERI 2 METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3451Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2611Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa. Hanya 9 orang (45%) dari 20 orang siswa yang tidak mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe inside outside circle. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi menggunakan lembar observasi dan tes menggunakan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe inside outside circle dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama partisipasi belajar siswa memperoleh kategori partisipatif. Pada siklus kedua partisipasi belajar siswa meningkat dengan memperoleh kategori sangat partisipatif. Hasil belajar siswa pada siklus pertama memperoleh kategori tinggi. Sedangkan pada siklus kedua meningkat dengan memperoleh kategori sangat tinggi. Kata kunci: partisipasi, hasil belajar, model cooperative learning tipe IOC.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > JA Political science (General)
> LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 5932567 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2016 03:39
Terakhir diubah: 02 Jun 2016 03:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22323

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir