ADINDA AGENG SYAHPUTRI , (1213053004) (2016) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVA SD NEGERI 2 METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3451Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2611Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa. Hanya 9 orang (45%) dari 20 orang siswa yang tidak mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe inside outside circle. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi menggunakan lembar observasi dan tes menggunakan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe inside outside circle dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama partisipasi belajar siswa memperoleh kategori partisipatif. Pada siklus kedua partisipasi belajar siswa meningkat dengan memperoleh kategori sangat partisipatif. Hasil belajar siswa pada siklus pertama memperoleh kategori tinggi. Sedangkan pada siklus kedua meningkat dengan memperoleh kategori sangat tinggi. Kata kunci: partisipasi, hasil belajar, model cooperative learning tipe IOC.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > JA Political science (General) > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 5932567 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 03:39 |
Terakhir diubah: | 02 Jun 2016 03:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22323 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |