FAJAR RAHAYU NINGWIASIH, 1213053045 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VB SD NEGERI 1 RAMAN ENDRA LAMPUNG TIMUR. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3840Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3329Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VB SD Negeri 1 Raman Endra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VB SD Negeri 1 Raman Endra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengukur efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan media grafis, dan. Analisis data menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,43 dan nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,30. Berdasarkan hasil uji hipotesis thitung = 2,324 > ttabel = 2,028 (α = 0,05), maka Ha diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan media grafis terhadap hasil belajar IPS. Kata kunci: team assisted individualization, media grafis, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 34042129 . Digilib |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 06:45 |
Terakhir diubah: | 07 Jun 2016 06:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22367 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |