PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VB SD NEGERI 1 RAMAN ENDRA LAMPUNG TIMUR

FAJAR RAHAYU NINGWIASIH, 1213053045 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VB SD NEGERI 1 RAMAN ENDRA LAMPUNG TIMUR. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3840Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3329Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VB SD Negeri 1 Raman Endra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan media grafis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VB SD Negeri 1 Raman Endra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengukur efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan media grafis, dan. Analisis data menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,43 dan nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,30. Berdasarkan hasil uji hipotesis thitung = 2,324 > ttabel = 2,028 (α = 0,05), maka Ha diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan media grafis terhadap hasil belajar IPS. Kata kunci: team assisted individualization, media grafis, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 34042129 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2016 06:45
Terakhir diubah: 07 Jun 2016 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22367

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir