PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KAMPUNG BARU TAHUN AJARAN 2015/2016

YETI NURYANTI, 1213053124 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KAMPUNG BARU TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1064Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1001Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar IPA siswa masih rendah, guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa, serta pembelajaran masih berpusat pada guru dan kegiatan pembelajaran belum berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa dalam pembelajaran IPA. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen tipe Quasi experiment semu (eksperimen semu) dengan pola The Nonequivalent Control Group Pretest Posttest Design dimana dalam metode penelitian ini subjek diambil secara tidak random untuk kelompok kelas kontrol dan eksperimen. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan jamak sejumlah 10 butir soal, yang digunakan pada pretest dan posttest yang digunakan untuk menguji hasil belajar siswa. Teknik Analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji Mann Whitney U Test, berdasarkan analisis data perhitungan statistik diperoleh nilai peningkatan pretest terhadap posttest dan Uhitung < Utabel Mann Whitney. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model inkuiri terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif. Kata Kunci: Pengaruh, model inkuiri, hasil belajar ranah kognitif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 10075299 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2016 06:41
Terakhir diubah: 08 Jun 2016 06:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22394

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir