PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PADA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN

ULI AMBAR PRATIWI, 1213053117 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PADA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3129Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2717Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan pada pembelajaran IPS yakni 15 siswa (68,18%) dari 22 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 67. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model explicit instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 61,02 pada siklus II menjadi 72,26 terjadi peningkatan sebesar 11,23. Persentase klasikal siswa aktif pada siklus I sebesar 54,54% kategori “cukup aktif”, pada siklus II menjadi 72,72% kategori “aktif”. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 68,64 pada siklus II menjadi 75,68. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 59,09% dengan kategori “sedang” pada siklus II menjadi 86,36% dengan kategori “tinggi” meningkat sebesar 27,27% Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model explicit instruction

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 94722400 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2016 06:42
Terakhir diubah: 09 Jun 2016 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22413

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir