Purwanto, Agung Heri Prasmanto (2014) PENGEMBANGAN METODE BERMAIN DENGAN PAPAN BUSA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (313Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (326Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (276Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (245Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1304Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan potensi dan kondisi pembelajaran yang telah berlangsung saat ini, (2) menjelaskan proses pengembangan metode bermain papan busa, (3) menghasilkan metode bermain dengan papan busa (4) menjelaskan efektivitas, dan (5) kemenarikan metode bermain dengan papan busa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Bangunrejo Lampung Tengah. Teknik pengambilan sempel dengan Purposive Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, tes dan pedoman observasi. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat benda-benda di sekitar sekolah yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran dan hasil belajar pada sekolah dasar di Kecamatan Bangunrejo masih rendah, (2) bentuk awal metode bermain dengan papan busa awal untuk bermain pazel dengan model 3×3, berubah menjadi model pazel 2×3 dengan alas yang awalnya berupa kardus di ganti dengan papan busa yang utuh, (3) metode bermain dengan papan busa yang dikembangkan berbentuk permainan pazel yang terbuat dari papan busa dan dimainkan secara berkelompok, (4) metode bermain dengan papan busa lebih efektif -0,01 dibandingkan dengan metode konvensional (5) metode bermain dengan papan busa menarik bagi siswa. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, metode bermain, papan busa. The objective of research are : (1) to describe potency and condition which is happened now, (2) to explain the development of styrofoam play process method, (3) to produce styrofoam play method (4) to explain the effectiveness, and (5) the interest of styrofoam play method. This research is research and development. Population of research is student of fourth grade state elementary school at sub Bangunrejo Central Lampung. To taking sample used Purposive Sampling. To collecting the data used questionnaire, test and observation. Analyzed the data used t-test. The result of research is: (1) there are objects around the school that could be used in the learning process and learning outcomes in elementary school in sub Bangunrejo is low, (2) early form method of playing with styrofoam beginning step to play puzzel with 3×3 models turned into a model puzzel 2×3 with a cardboard base that initially replaced with foam board intact, (3) playing with styrofoam method developed form of the game puzzel made from styrofoam and played in groups, (4) playing with styrofoam method is more effective -0,01 than conventional method (5) playing with styrofoam method attractive for students. Key word: activities, study result, play method, styrofoam.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > HV Social pathology. Social and public welfare > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 05 Jul 2014 05:04 |
Terakhir diubah: | 05 Jul 2014 05:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2242 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |