PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF STANDAR KOMPETENSI MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK AUTOCAD BAGI SISWA SMK DI LAMPUNG

, Dwi Rahayu Studya Ningsih (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF STANDAR KOMPETENSI MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK AUTOCAD BAGI SISWA SMK DI LAMPUNG. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
2 Cover Dalam.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1 Abstract.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1 Abstrak.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Persetujuan.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Pengesahan.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Pernyataan.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
10 Daftar Isi.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (261Kb) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436Kb)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (27Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan pemanfaatan bahan ajar yang digunakan saat ini dan potensi sekolah terhadap produk yang dikembangkan, (2) menghasilkan produk multimedia interaktif Autocad 2 dimensi untuk pembelajaran, (3) menganalisis efektifitas setelah menggunakan multimedia interaktif Autocad 2 dimensi, (4) menganalisis efisiensi pembelajaran setelah menggunakan multimedia interaktif Autocad 2 dimensi, dan (5) menganalisis daya tarik pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif Autocad 2 dimensi. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan, dilakukan di SMK Negeri 3 Kotabumi dan SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket, selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian adalah: (1) Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 3 Kotabumi berpotensi untuk pengembangan multimedia interaktif, (2) hasil pengembangan berupa bahan ajar multimedia interaktif AutoCAD, (3) bahan ajar multimedia interaktif efektif digunakan sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan nilai gain untuk aspek kognitif 0,46 dan aspek psikomotor adalah 0,42, (4) multimedia interaktif efisien sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan nilai rasio efisiensi pembelajaran sebesar 1,22, (5) multimedia interaktif menarik untuk digunakan sebagai sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan rata-rata skor 3,15. Kata kunci : Bahan Ajar, Multimedia Interaktif, AutoCAD

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 05 Jul 2014 05:05
Last Modified: 30 Oct 2015 02:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2243

Actions (login required)

View Item View Item