PENERAPAN TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 2 SIDODADI PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR

UCHTI PRIHASTIN , (1213053115) (2016) PENERAPAN TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 2 SIDODADI PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3566Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3007Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 2 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 17,40%, dari 23 orang siswa hanya 4 orang siswa yang mampu memenuhi KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe take and give. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes formatif. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe take and give dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari persentase klasikal pada siklus I yang menunjukkan kategori “Aktif” dan siklus II menunjukkan kategori “Sangat aktif”. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal pada siklus I yang menunjukkan kategori “Sedang” dan siklus II menunjukkan kategori “Tinggi”. Kata kunci: take and give, aktivitas belajar, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 91392761 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:23
Terakhir diubah: 13 Jun 2016 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22444

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir