PENERAPAN MODEL MULTISENSORI MELALUI MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 ASTOMULYO

ALFIAN DENI ISKANDAR , (1213053008) (2016) PENERAPAN MODEL MULTISENSORI MELALUI MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 ASTOMULYO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3129Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2326Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Astomulyo. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan penerapan model multisensori melalui media realia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data aktivitas, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor siswa menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar kognitif siswa menggunakan lembar tes. Data aktivitas belajar siswa, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor siswa dianalisis kualitatif, sedangkan data hasil belajar dianalisi kauntitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model multisensori melalui media realia meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh kategori “Aktif”, pada siklus II memperoleh kategori “Aktif”. Selanjutnya pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa memperoleh kategori “Aktif”, kemudian pada siklus II memperoleh kategori “Sangat Aktif”. Nilai ratarata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh kategori “Baik”, kemudian pada siklus II kategori “Baik”. Selanjutnya pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal memperoleh kategori “Tinggi”, kemudian pada siklus II memperoleh kategori “Sangat Tinggi”. Kata kunci : multisensori, realia, aktivitas, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 8127254 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:59
Terakhir diubah: 14 Jun 2016 07:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22482

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir