ALFIAN DENI ISKANDAR , (1213053008) (2016) PENERAPAN MODEL MULTISENSORI MELALUI MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 ASTOMULYO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3129Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2326Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Astomulyo. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan penerapan model multisensori melalui media realia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data aktivitas, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor siswa menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar kognitif siswa menggunakan lembar tes. Data aktivitas belajar siswa, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor siswa dianalisis kualitatif, sedangkan data hasil belajar dianalisi kauntitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model multisensori melalui media realia meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh kategori “Aktif”, pada siklus II memperoleh kategori “Aktif”. Selanjutnya pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa memperoleh kategori “Aktif”, kemudian pada siklus II memperoleh kategori “Sangat Aktif”. Nilai ratarata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh kategori “Baik”, kemudian pada siklus II kategori “Baik”. Selanjutnya pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal memperoleh kategori “Tinggi”, kemudian pada siklus II memperoleh kategori “Sangat Tinggi”. Kata kunci : multisensori, realia, aktivitas, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 8127254 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 07:59 |
Terakhir diubah: | 14 Jun 2016 07:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22482 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |