PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B SD NEGERI 2 KESUMADADI LAMPUNG TENGAH

Faradilla Abrina Putri, 1113053126 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B SD NEGERI 2 KESUMADADI LAMPUNG TENGAH. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2838Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2347Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pembelajaran IPS di SD Negeri 2 Kesumadadi Lampung Tengah. Tujuan peneitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe group investigation pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan aktivitas “Aktif”. Aktivitas siswa pada siklus II menunjukkan aktivitas “Sangat Aktif”. Aktivitas siswa dan persentase siswa aktif siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan katagori “Baik” tetapi belum mencapai ketuntasan. Dilanjutkan pada siklus II dengan katagori “Baik”. Hasil belajar dan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II telah mencapai ketuntasan. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, cooperative learning tipe group investigation.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 10405677 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:53
Terakhir diubah: 15 Jun 2016 03:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22505

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir