Faradilla Abrina Putri, 1113053126 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B SD NEGERI 2 KESUMADADI LAMPUNG TENGAH. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2838Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2347Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pembelajaran IPS di SD Negeri 2 Kesumadadi Lampung Tengah. Tujuan peneitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe group investigation pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan aktivitas “Aktif”. Aktivitas siswa pada siklus II menunjukkan aktivitas “Sangat Aktif”. Aktivitas siswa dan persentase siswa aktif siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan katagori “Baik” tetapi belum mencapai ketuntasan. Dilanjutkan pada siklus II dengan katagori “Baik”. Hasil belajar dan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II telah mencapai ketuntasan. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, cooperative learning tipe group investigation.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 10405677 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 03:53 |
Terakhir diubah: | 15 Jun 2016 03:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22505 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |