ACHMAD NASHIHIN, (1213053002) (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2527Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (993Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 2 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes formatif yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa. Dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dalam kategori cukup aktif sedangkan siklus II mencapai kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dalam kategori cukup tinggi sedangkan pada siklus II dengan kategori tinggi. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, aktivitas, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 67934920 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 04:05 |
Terakhir diubah: | 15 Jun 2016 04:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22506 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |