PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ACHMAD NASHIHIN, (1213053002) (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2527Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (993Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 2 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes formatif yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa. Dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dalam kategori cukup aktif sedangkan siklus II mencapai kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dalam kategori cukup tinggi sedangkan pada siklus II dengan kategori tinggi. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, aktivitas, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 67934920 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:05
Terakhir diubah: 15 Jun 2016 04:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22506

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir