Rizky Syarifah Rosiati Hutagalung, 1213022065 (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM MATERI IMPULS DAN MOMENTUM. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2819Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2484Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkembangan teknologi yang semakin maju, khususnya dalam bidang pendidikan, dapat dimanfaatkan bagi para guru untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik dan bermanfaat bagi siswa, namun sebagian besar guru masih belum dapat memanfaatkan teknologi yang ada sekarang. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis angket diketahui bahwa media pembelajaran teknologi yang digunakan masih sebatas menggunakan Microsoft Office Power Point dan e-book berupa pdf. Hal ini menyebabkan siswa kurang tertarik dan kurang mudah untuk memahami isi pembelajaran karena hanya berisi tulisan dan gambar statis. Menindak lanjuti masalah tersebut, maka dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan modul pembelajaran menggunakan LCDS pada materi pokok Impuls dan Momentum, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan yang diadaptasi dari prosedur pengembangan produk dan uji produk menurut Suyanto dan Sartinem yang terdiri dari tujuh langkah, yaitu analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, dan produksi. Uji eksternal dilakukan di SMA YP Unila Bandarlampung, di mana kelas X MIA 5 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas sampel. Hasil uji eksternal menunjukkan nilai kemenarikan dengan skor 3,23 ( mempermudah) produk yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran dengan perolehan rata-rata nilai gain ternormalisasi berdasarkan hasil pretest dan posttest yaitu 0,57 yang menunjukkan klasifikasi “sedang”. Kata kunci: modul pembelajaran, learning content development system
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 78510111 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 07:06 |
Terakhir diubah: | 15 Jun 2016 07:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22517 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |