PEMBELAJARAN GERAK TARI BEDANA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

WIDYA TRI NINGRUM, 1213043044 (2016) PEMBELAJARAN GERAK TARI BEDANA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1527Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (814Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran gerak tari bedana pada kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran gerak tari bedana pada kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan yaitu pembelajaran dan metode demonstrasi pada pembelajaran tari bedana. Sumber data penelitian ini adalah guru dan 8 siswa. Teknik untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Ada 3 tahap pembelajaran yaitu, perencanaan pembelajaran yang disusun pada RKH, pelaksanaan pembelajaran langkah pertama siswa melakukan pemanasan, guru menyampaikan materi, siswa dibagi menjadi tiga kelompok, dan guru melakukan evaluasi, pada tahap ketiga yaitu penilaian kemampuan menari bedana siswa. Ada 2 aspek yang diamati yaitu, aspek wiraga dan aspek wirama. Kemampuan menari bedana pada setiap aspek yaitu baik. Kata kunci: pembelajaran, gerak, tari bedana, ekstrakurikuler. ABSTRACT The problem of this research was learning bedana dance movement on student’s extracurricular activities at SMAN 15 Bandar Lampung. This research attempts to describe the learning process of bedana dance movement on student’s extracurricular activities at SMAN 15 Bandar Lampung. This research was used descriptive qualitative research. The theory that applied in this research were learning process and demonstration method in learning bedana dance. The resources in this study were teacher’s and 8 students. The data collecting technique of this research were used observation, interview and documentation. The research instruments use were guide observation, interview, documentation guides. The data analyses of this research were used data reduction, data presentation, and drawing conclusion. There are three learning steps, teaching planning that arrange by RKH, the first implementation of teaching is students do warming, teacher gives materials, students divided into some groups and teacher do evaluation, on the step three, scoring on students dancing bedana ability. There are two aspects that teacher’s evaluate, those are wiraga aspect and wirama aspect. The ability in dancing bedana dance on every aspects was good. Keywords: learning, movement, bedana dance, extracurricular.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> ML Literature of music
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 46072257 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2016 03:51
Terakhir diubah: 16 Jun 2016 03:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22532

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir