IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI DI SMP NEGERI 3 WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH

Evi Amalia Setya Ningtyas, 1423012006 (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI DI SMP NEGERI 3 WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2488Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS FULL TANPA BAB PEMBEHASAN.pdf

Download (2250Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI DI SMP NEGERI 3 WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH Oleh Evi Amalia S Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) perencanaan program akselerasi; (2) pelaksanaan program akselerasi; (3) evaluasi program akselerasi; (4) faktor penghambat dan (5) faktor pendukung pelaksanaan program akselerasi. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif, menggunakan metode studi kasus pada situs SMP Negeri 3 Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berasal dari lima belas informan dari unsur Kepala Dinas, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru, orang tua wali, peserta didik akselerasi, dan peserta didik akselerasi alumni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan dilakukan secara sistematis diawali dari menyiapkan kelas akselerasi dilanjutkan dengan menyusun proposal. Selama periode penyusunan proposal dilanjutkan dengan melakukan konsultasi kepada Kepala Dinas dan pengawas Dikdas; (2) Kegiatan pelaksanaan kelas percepatan diawali dengan membuat perangkat pembelajaran oleh guru-guru yang mendapat tugas pada kelas akselerasi; (3) Akitivitas evaluasi pembelajaran kelas percepatan terangkum atas satu aktivitas yang bernama penilaian; (4) Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran program akselerasi terdiri dari empat hal adalah minimnya siswa yang berkategori cerdas istimewa, terbatasnya guru yang mampu mengajar pada kelas akselerasi, sarana dan prasarana yang belum memadai, dan minimnya penguasaan teknologi; (5) Faktor pendukung terselenggaranya program akselerasi adalah adanya komunikasi yang baik antar pemangku kepentingan. Kata kunci: implementasi kebijakan pendidikan, program akselerasi, SMP ABSTRACT IMPLEMENTASI OF ACCELLERATION PROGRAM AT STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 3 WAY PENGUBUAN CENTRAL LAMPUNG By Evi Amalia Setya Ningtyas The aim of this writ is to know (1) the planning of accelleration program; (2) implementation of accelleration program; (3) evaluation of accelleration program; (4) factors of accelleration program inhibition and (5) factors of accelleration program support. This research kind is descriptive qualitatif with the case study method in State Junior High School 3 Way Pengubuan Central Lampung District. Technique data collecting are interview, observation, and documentation. Source of data are fifteen consist of The Head of District Educational Affair, Principal, Vice principal of Curriculum Affair, Vice principal of Student Affair, Vice principal of Facilitation Affair, teachers, Guidance and Counselling teacher, students and alumnea, and students’ parents. Result of the research shows that (1) planning is done systematically by preparing accellerated class and proposing the proposal program; (2) activities of accellerated program started by preparing the curriculum of accelleration; (3) evaluation consists of daily test, mid test, semester test, school examination, and national examination; (4) problems of accellerated program covers limited stuents to be, lack of capability teachers, and facilities; (5) supporting factor is good communication among the stakeholders. Key words: implementation of educational policy, accellerated program, junior high school

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: 10512933 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2016 03:16
Last Modified: 21 Jun 2016 03:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22563

Actions (login required)

View Item View Item