PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP DI BANDAR LAMPUNG

Ahmad Zein, QOMARIO (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP DI BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
Cover Dalam.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (259Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman Pengesahan.pdf

Download (302Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf

Download (292Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (284Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (464Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (426Kb)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (136Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kondisi pembelajaran dan menganalisis potensi untuk dikembangkannya modul matematika materi teorema pythagoras, (2) mengembangkan produk bahan ajar dalam bentuk modul matematika materi teorema pythagoras SMP kelas VIII, (3) Menguji efektifitas penggunaan modul teorema pythagoras, (4) menguji efisiensi penggunaan modul teorema pythagoras, (5) menguji kemenarikan modul teorema pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, dilakukan di SMPN 4 Bandar Lampung, SMPN 28 Bandar Lampung dan SMPN 5 Bandar Lampung. Langkah-langkah penelitian mengacu pada R&D Borg and Gall. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian adalah: (1) SMP di Bandar Lampung berpotensi untuk dikembangkannya modul, karena belum adanya modul sebagai bahan ajar siswa dan buku yang digunakan selama ini tidak mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. 2) produk pengembangan divalidasi oleh ahli desain, (3) modul cukup efektif dilihat dari nilai gain ternormalisasi sebesar 0,48. (4) modul efisien dilihat dari waktu yang digunakan dalam pembelajaran dengan nilai efisiensi 1,86. (5) modul menarik bagi siswa dengan rata-rata persentase 88,44%. Kata Kunci : desain pembelajaran, modul, teorema pythagoras

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 14 Jul 2014 03:19
Last Modified: 14 Jul 2014 03:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item View Item