PENERAPAN MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 SUMBERGEDE

DHYNA NOVELSA, (1213053032) (2016) PENERAPAN MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 SUMBERGEDE. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2461Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2462Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dari jumlah 30 orang siswa masih terdapat 18 orang siswa belum mencapai KKM yaitu ≥ 65. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus yang tediri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inquiry dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase klasikal aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 73,33% kategori “Aktif”, kemudian meningkat 10% pada siklus II menjadi 83,33% kategori “Sangat Aktif”. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa siklus I 63,33% kategori “Sedang” menjadi 80,00% kategori “Tinggi” pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,67%. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar afektif siswa siklus I 66,67% kategori “Mulai Berkembang” dan pada siklus II 83,33% kategori “Sudah Membudaya” mengalami peningkatan sebesar 16,66%. Sedangkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotor siswa siklus I 66,67% kategori “Terampil” dan pada siklus II 80,00% kategori “Sangat Terampil” mengalami peningkatan sebesar 13,33%. Kata kunci: model inquiry, aktivitas, hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotor)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 6979946 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2016 07:42
Terakhir diubah: 21 Jun 2016 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22669

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir