ANALISIS REAKSI PASAR MODAL TERHADAP KINERJA SAHAMSAHAM PERUSAHAAN SETELAH PENGUMUMAN INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2014

IKA YULIATI , 1211011073 (2016) ANALISIS REAKSI PASAR MODAL TERHADAP KINERJA SAHAMSAHAM PERUSAHAAN SETELAH PENGUMUMAN INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2014. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS .

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (978Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (672Kb) | Preview

Abstrak

Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuitas (saham), reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Salah satu peristiwa dan informasi di pasar modal yang menjadi perhatian investor adalah Initial Public Offering (IPO) atau Penawaran Umum Perdana. IPO yang dikeluarkan oleh perusahaan, menyebabkan adanya reaksi dari pasar modal yang muncul karena adanya pengujian terhadap kandungan informasi dari pengumuman yang dilakukan perusahaan, reaksi tersebut yang muncul salah satunya merupakan return. Reaksi atas suatu informasi ini diteliti dengan studi peristiwa (event study). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pasar modal bereaksi terhadap pengumuman Initial Public Offering (IPO) yang ditunjukkan dengan kinerja saham jangka pendek selama enam bulan dan kinerja jangka panjang selama satu tahun dari pengumuman Initial Public Offering (IPO) dari perusahaan-perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia periode 2005-2014. Kinerja saham diukur menggunakan abnormal return dengan model market-adjusted model dan wealth relative. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja saham jangka pendek dan jangka panjang yang dihitung berdasarkan harga perdana dan harga penutupan hari pertama mengalami outperformed. Hasil uji hipotesis berdasarkan harga perdana dan harga penutupan hari pertama menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara kinerja saham jangka pendek dan jangka panjang. Kata kunci: initial public offering, abnormal return, kinerja saham jangka pendek, kinerja saham jangka panjang.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: 44449960 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 01:53
Terakhir diubah: 22 Jun 2016 01:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22682

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir