PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV A SDN 1 BUMI KENCANA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

YUSINA MARIA NINGSIH , 1213053129 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV A SDN 1 BUMI KENCANA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2178Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1429Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV A SDN 1 Bumi Kencana yang menunjukkan bahwa 6 siswa (28,60%) belum mencapai KKM yaitu 60. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe talking stick dengan media grafis. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe talking stick dengan media grafis pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siklus I kategori aktif dan meningkat pada siklus II menjadi kategori aktif. Persentase ketuntasan aktivitas belajar siklus I kategori aktif dan meningkat pada siklus II menjadi kategori sangat aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi kategori baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus I kategori cukup baik dan meningkat pada siklus II menjadi kategori sangat baik. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, matematika, media grafis, talking stick.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 53797413 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:34
Terakhir diubah: 22 Jun 2016 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22751

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir