PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI ASAM-BASA ARRHENIUS

IQBAL HABIBY, (1213023032) (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI ASAM-BASA ARRHENIUS. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1183Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1184Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru dan respon siswa terhadap instrumen asesmen kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dari Sukmadinata (2011). Berdasarkan hasil validasi terhadap instrumen asesmen yang dikembangkan, diperoleh kategori tinggi pada aspek konstruksi dan aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, dan sangat tinggi pada aspek keterbacaan. Sedangkan, hasil tanggapan guru terhadap ketiga aspek tersebut berkategori sangat tinggi. Hasil respon siswa terhadap aspek keterbacaan berkategori sangat tinggi. Uji validitas instrumen asesmen ke siswa menunjukkan bahwa instrumen asesmen memiliki nilai r hitung > r tabel product moment sehingga instrumen asesmen dikategorikan valid. Uji reliabilitas instrumen asesmen bernilai sebesar 0,7112 sehingga dikategorikan tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah instrumen asesmen hasil pengembangan valid dan layak untuk digunakan. Kata Kunci : asam-basa Arrhenius, asesmen, berpikir kreatif.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 99050959 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2016 04:31
Last Modified: 24 Jun 2016 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22870

Actions (login required)

View Item View Item