HUBUNGAN AKTIVITAS BERMAIN PERAN MAKRO DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS MELATI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kartika Rahmanda, (1113054073) (2016) HUBUNGAN AKTIVITAS BERMAIN PERAN MAKRO DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS MELATI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2260Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1923Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Melati Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui aktivitas bermain peran makro pada anak, 2) mengetahui kemampuan mengenal konsep bilangan, 3) mengetahui hubungan antara aktivitas bermain peran makro dengan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Melati Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Melati Bandar Lampung beraktivitas Tinggi pada aktivitas bermain peran makro, 2) anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Melati Bandar Lampung kemampuan mengenal konsep bilangannya Belum Berkembang, 3) terdapat hubungan yang erat antara aktivitas bermain peran makro dengan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Melati Bandar Lampung. Hal ini ditunjukkan melalui analisis data menggunakan Korelasi Spearman Rank sebesar 0,63 persen dan memiliki koefisien determinasi sebesar 39,6 persen. Oleh sebab itu hendaknya kegiatan bermain peran makro ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di PAUD, terutama dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Kata kunci: aktivitas bermain peran makro, konsep bilangan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 41858460 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2016 04:21
Terakhir diubah: 24 Jun 2016 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22875

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir