PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 1 RATNA CHATON TAHUN PELAJARAN 2015/2016

CECEP HENDRA KUSMAYA , 1213053025 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 1 RATNA CHATON TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2491Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2109Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 1 Ratna Chaton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 1 Ratna Chaton Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model cooperative learning tipe think pair share. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes formatif yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe think pair share dapat meningkatkan kemampuan berpiki kritis dan hasil belajar matematika siswa. Dibuktikan dengan kategori nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I rendah sedangkan siklus II tinggi meningkat pada setiap siklusnya. Kategori persentase klasikal kemampuan berpiki kritis siswa pada siklus I rendah, siklus II tinggi, meningkat pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I termasuk kategori cukup pada siklus II menjadi baik mengalami peningkatan setiap siklusnya. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I tinggi mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sangat tinggi. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, model cooperative learning tipe think pair share.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 7756466 . Digilib
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:52
Terakhir diubah: 21 Jul 2016 08:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23048

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir