PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA POKOK BAHASAN MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V DI SDN 1 SEGALAMIDER

MURSYIDA UTAMI , 1223011029 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA POKOK BAHASAN MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V DI SDN 1 SEGALAMIDER. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1354Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (919Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian adalah mendesain perencanaan pembelajaran, menganalisis pelaksanaan, menganalisis sistem evaluasi dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 1 Segalamider Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan di SDN 1 Segalamider Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta dianalisis dengan deskriptif kuantitatif yang selanjutnya dipersentasekan dan dikategorikan. Kesimpulan penelitian adalah (1) desain perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery dengan sintak pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan penarikan kesimpulan, (2) pelaksanaan pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas guru meliputi memfasilitasi dan membimbing siswa dalam pengumpulan dan pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan dan aktivitas siswa meliputi mendengar, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, mengolah data, membuktikan dan menyimpulkan, (3) evaluasi pembelajaran dengan soal pilihan ganda sebanyak sepuluh soal dengan validitas siklus I mencapai 0,73; siklus II mencapai 0,74; siklus III mencapai 0,80 dan tingkat realibilitas siklus I mencapai 0,88; siklus II mencapai 0,85; siklus III mencapai 0,89 dan (4) hasil belajar siswa mengalami peningkatan, siklus I mencapai 67,65%, pada siklus II mencapai 79,41% dan siklus III mencapai 85,29%. Kata kunci: hasil belajar, matematika, model pembelajaran discovery ABSTARCT ] Tujuan penelitian adalah mendesain perencanaan pembelajaran, menganalisis pelaksanaan, menganalisis sistem evaluasi dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 1 Segalamider Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan di SDN 1 Segalamider Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta dianalisis dengan deskriptif kuantitatif yang selanjutnya dipersentasekan dan dikategorikan. Kesimpulan penelitian adalah (1) desain perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery dengan sintak pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan penarikan kesimpulan, (2) pelaksanaan pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas guru meliputi memfasilitasi dan membimbing siswa dalam pengumpulan dan pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan dan aktivitas siswa meliputi mendengar, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, mengolah data, membuktikan dan menyimpulkan, (3) evaluasi pembelajaran dengan soal pilihan ganda sebanyak sepuluh soal dengan validitas siklus I mencapai 0,73; siklus II mencapai 0,74; siklus III mencapai 0,80 dan tingkat realibilitas siklus I mencapai 0,88; siklus II mencapai 0,85; siklus III mencapai 0,89 dan (4) hasil belajar siswa mengalami peningkatan, siklus I mencapai 67,65%, pada siklus II mencapai 79,41% dan siklus III mencapai 85,29%. Kata kunci: hasil belajar, matematika, model pembelajaran discovery

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: 86866208 . Digilib
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:02
Last Modified: 22 Jul 2016 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23052

Actions (login required)

View Item View Item