HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO PUSAT, KOTA METRO TAHUN AJARAN 2015/2016

MUHAMMAD ZAINUL WAHID , 1213024043 (2016) HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO PUSAT, KOTA METRO TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2470Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2303Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar siswa dalam belajar IPA berdasarkan kerucut Dale dan hubungan cara belajar tersebut dengan prestasi belajar IPA, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan cara belajar tersebut. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan studi korelasional. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1, 3, dan 10 Metro, berjumlah 334 orang yang dipilih dengan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan wawancara siswa, serta tes tertulis. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan secara statistik menggunakan rumus persentase dan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan cara belajar ‘membaca’ (52,69%) dan ‘mendengar’ (29,64%), sedangkan hanya sebagian kecil saja yang menggunakan cara belajar ‘melihat dan mendengar’ (1,80%) serta ‘melakukan’ (1,80%). Perbedaan cara belajar diikuti dengan perbedaan prestasi belajar. Siswa dengan cara belajar ‘melakukan’ memiliki prestasi belajar tertinggi, Muhammad Zainul Wahid iii yaitu 79,12 dengan kriteria tinggi, sedangkan siswa dengan cara belajar ‘membaca’ memiliki prestasi yang paling rendah, yaitu 53,10 dengan kriteria sedang. Uji korelasi cara belajar dengan prestasi belajar IPA menunjukkan nilai r hitung (0,737) > r tabel (0,108), sehingga memiliki hubungan yang signifikan dengan kriteria hubungan kuat, semakin tinggi cara belajar maka semakin tinggi prestasi belajarnya. Adapun faktor yang berhubungan dengan cara belajar meliputi faktor minat, bakat, motivasi, pendekatan belajar, sumber belajar, fasilitas belajar, dan cara guru mengajar. Dengan demikian cara belajar siswa sebagaimana kerucut Dale memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajarnya. Kata kunci: cara belajar, faktor belajar, kerucut Dale, prestasi belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Karya Karya Umum = 000
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 0467444 . Digilib
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:19
Terakhir diubah: 22 Jul 2016 03:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23056

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir