PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH YANG MENGAKOMODASI GENDER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI SAINS

PUSFARINI, (1423025011) (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH YANG MENGAKOMODASI GENDER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI SAINS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (106Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3114Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2210Kb) | Preview

Abstrak

Membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking), seperti berpikir kreatif, saat ini merupakan tantangan bagi setiap peserta didik. Pembelajaran sains merupakan salah satu peluang yang sangat potensi untuk mencapai kompetensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMP dengan mengakomodasi gender pada materi alat pendengaran dan sistem sonar pada makhluk hidup. Desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) digunakan untuk menghasilkan produk LKPD dan diimplementasikannya di sebuah SMP Negeri di Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan angket, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan inferensi menggunakan uji- t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan mengakomodasi gender dengan isi dan konstruk yang telah memenuhi persyaratan subtantif-pedagogis, teknis, dan utility dengan kategori baik yang dipersiapkan untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa yang telah teruji validitasnya; (2) LKPD produk pengembangan memiliki tingkat efektivitas tinggi (N-Gain=0,68) dalam menumbuhkan semua komponen berpikir kreatif baik fluency, originality, flexibility, dan elaboration; (3) LKPD sangat menarik untuk dipelajari sebagai bahan ajar inovatif dalam pembelajaran sains, mudah digunakan, dan sangat bermanfaat dalam menumbuhkan kinerja belajar siswa, sangat membantu dalam meningkatkan kinerja belajar dan sangat mengakomodasi kebutuhan belajar siswa laki- laki dan perempuan. Kata Kunci: Pembelajaran sains, LKPD, Problem Based Learning, Gender, Berpikir Kreatif

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: 8873192 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:26
Last Modified: 26 Jul 2016 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23132

Actions (login required)

View Item View Item