PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BUMIHARJO

DENI WAHYU PRASETIO, 1113053026 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BUMIHARJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1348Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (675Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika sebesar 34,78% atau 8 siswa dari 23 siswa yang mencapai tingkat ketuntasan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menerapkan model cooperative learning tipe snowball throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata komponen aktivitas siswa secara klasikal sebesar 57,83 dengan persentase siswa aktif 39,13% (kategori cukup), siklus II komponen aktivitas klasikal meningkat sebesar 6,27 sehingga menjadi 64,10 dengan persentase siswa aktif meningkat sebesar 39,13% sehingga menjadi 78,26% (kategori aktif). Adapun rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 59,95 (kriteria sedang) dan meningkat sebesar 9,09 sehingga siklus II menjadi 69,04 (kriteria tinggi). Dengan demikian, pembelajaran matematika dengan menerapkan model cooperative learning tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci:aktivitas, cooperative learning tipe snowball throwing, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 9977995 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2016 06:55
Terakhir diubah: 26 Jul 2016 06:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23134

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir