HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BERMAIN BALOK DENGAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CENDIKIA LAMPUNG TIMUR

MARTHA SULISTYANINGTYAS , 1213054056 (2016) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BERMAIN BALOK DENGAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CENDIKIA LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1688Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1502Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas bermain balok dengan perkembangan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Cendikia Lampung Timur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis tabel tunggal dan silang serta analisis uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang erat antara aktivitas bermain balok dengan perkembangan kemampuan mengenal konsep bilangan yang ditunjukan dari indeks korelasi sebesar 0,806. Dapat disimpulkan terdapat hubungan yang erat antara aktivitas bermain balok dengan perkembangan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Cendikia Lampung Timur, oleh sebab itu perlu lebih ditingkatkan aktivitas bermain balok untuk meningkatkan perkembangan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini. Kata kunci: anak usia 4-5 tahun, bermain balok, konsep bilangan. ABSTRACT The problem in this research is an underdeveloped ability of children aged 4-5 years in recognizing the concept of numbers. The purpose of this research was to determine the relationship between the activity of playing blocks with the development of the ability to know the concept of numbers early childhood in kindergarten Cendikia East Lampung. The sample used in this study were 24 children. Data collection techniques using observation and documentation. Analysis of data using a single table analysis and cross hypothesis testing and analysis using correlation analysis technique. The results showed that there is a close relationship between the activity of playing blocks with the development of the ability to know the concept of numbers that indicated a correlation of 0.806. It can be concluded there is a close correlation between the activity of playing blocks with the development of the ability to know the concept of numbers of children aged 4-5 years in kindergarten Cendikia East Lampung, therefore, needs to be increased activity playing blocks to enhance the development of the ability to know the concept of numbers in early childhood. Keywords: children aged 4-5 years, block play, concept of number.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 2699448 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:57
Terakhir diubah: 28 Jul 2016 02:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23187

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir