HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO UTARA KOTA METRO (Studi Deskriptif Korelatif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Utara Kota Metro Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016)

Andreas Yudistira, 1213024004 (2016) HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO UTARA KOTA METRO (Studi Deskriptif Korelatif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Utara Kota Metro Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1373Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1373Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara belajar yang digunakan oleh siswa kelas VII di SMP Negeri se-Kecamatan Metro Utara Kota Metro, menge-tahui hubungan antara cara belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, serta faktor-faktor yang memiliki hubungan dengan cara belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi deskriptif korelatif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas VII 1, VII 2, VII 4, dan VII 5 di SMP Negeri 6 Metro dan kelas VII A, VII C dan VII E di SMP Negeri 8 Metro yang dipilih dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 198 siswa. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data angket faktor belajar yakni cara mengajar guru dan dukungan keluarga, serta hasil wawancara mengenai cara belajar dan faktor belajar dengan siswa. Data kuantitatif berupa data hasil angket cara belajar, angket faktor belajar, dan hasil tes prestasi belajar. Data kualitatif dianalasis secara deskriptif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov, Uji Linieritas, dan Uji Korelasi Pearson Product-Momment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Utara hanya menggunakan tiga cara belajar yakni cara belajar membaca yang digunakan oleh 15 (7,58 %) siswa; mendengar digunakan oleh 172 (86,87 %) siswa; serta mengucap dan menulis digunakan oleh 11 ( 5,56 %) siswa. Hasil uji korelasi antara cara belajar dengan pretasi belajar membuktikan adanya hubungan signifikan dengan keeratan hubungan sangat kuat. Hal ini terlihat dari cara belajar yang digunakan semakin tinggi maka rata-rata prestasi belajar yang diperoleh juga semakin tinggi. Siswa yang menggunakan cara belajar membaca memperoleh rata-rata pretasi belajar yakni 34,13; mendengar memperoleh rata-rata pretasi belajar yakni 55,37; mengucap dan menulis memperoleh rata-rata prestasi belajar yakni 75,27. Faktor belajar yang terdiri dari faktor internal (minat, bakat, dan motivasi), faktor eksternal (fasilitas belajar di sekolah, fasilitas belajar di rumah, sumber belajar, dukungan keluarga, dan cara guru mengajar), dan pen-dekatan belajar memiliki hubungan dengan cara belajar membaca, mende-ngar, serta mengucap dan menulis dengan keeratan hubungan sangat kuat. Kata kunci: cara belajar, faktor belajar, prestasi belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 8316131 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:46
Terakhir diubah: 28 Jul 2016 02:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23193

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir