EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN INFERENSI

Mukrim, ASEP NUGROHO (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN INFERENSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
3. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (474Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (447Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (237Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf - Published Version

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf - Published Version

Download (157Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf - Published Version

Download (359Kb) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271Kb)
[img]
Preview
Text
bab V.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (5Mb)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi. Penelitian ini menggunakan metode preexperimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2012-2013. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai pretest dan posttest yang dilihat dari nilai n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain keterampilan meng-komunikasikan sebesar 0,45 dan ketrampilan inferensi sebesar 0,39. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi dengan kriteria sedang. Kata kunci: pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 08 Jan 2014 06:26
Last Modified: 08 Jan 2014 06:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item