PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA METODE PEER TEACHING DAN METODE DISKUSI DALAM PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 14 BANDAR LAMPUNG

INDAH NOVITASARI , 1013034049 (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA METODE PEER TEACHING DAN METODE DISKUSI DALAM PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 14 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS & INDONESIA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1811Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (799Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini memiliki latar belakang masalah rendahnya hasil belajar siswa, banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dalam pembelajaran geografi, untuk itu guru melaksanakan pembelajaran remedial akan tetapi pelaksanaannya belum efektif, guru belum menggunakan metode peer teaching dan diskusi dalam pembelajaran remedial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan nilai rerata postest (remedial) siswa setelah menggunakan metode peer teaching dengan diskusi, (2) perbedaan n-Gain hasil belajar siswa yang menggunakan metode peer teaching dengan metode diskusi. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS dengan sampel kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sample. Analisis data menggunakan uji statistik parametrik dimana uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada perbedaan antara nilai rerata postest siswa yang menggunakan metode peer teaching dengan diskusi, nilai rerata peer teaching lebih besar dari rerata diskusi, (2) ada perbedaan n-Gain hasil belajar siswa yang menggunakan metode peer teaching dengan diskusi, dimana n-Gain peer teaching lebih besar, termasuk dalam kriteria tinggi. Kata kunci: hasil belajar geografi, remedial, peer teaching dan diskusi. ABSTRACT This research problem background is the lack of student’s learning outcomes. Many student have not reached the minimum completeness criteria in learning geography, for the teachers implement remedial learning but the implementation of geography remedial learning is not effective, teachers have not used the method of peer teaching and discussion in remedial learning, this study is intended to find out (1) student’s means difference of postets (remedial) in learning after being tought by peer teaching and discussion method (2) student’s n-Gain difference tought by peer teaching and discussion method. The study used quasi experiment. The population is XI grade student in which the sample are XI IPS 1 and XI IPS 2 students. The data were taken by purposive sampling. The data were analyzed by parametric test and hypothesis test using t-tes. The results showed (1) there is significant difference between mean of postest taught by using peer teaching and discussions method, peer teaching is higher than discussion(2) there is difference of n-Gain learning result taught by peer teaching and discussion ,include high criteria. Keywords: leraning geography, remedial, peer teaching and discussion.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > G Geography (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: 7208398 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2016 03:58
Last Modified: 28 Jul 2016 03:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23203

Actions (login required)

View Item View Item