PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS III SD IMMANUEL KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

LUCIA PUSPASARI C.P, 1213053132 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS III SD IMMANUEL KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1634Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1164Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan kognitif IPS siswa kelas III SD Immanuel Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPS dengan Snowball Throwing terhadap kemampuan kognitif siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Immanuel Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 96 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan IIIC sebagai kelas kontrol dengan jumlah 64 siswa. Data diperoleh melalui tes. Data dianalisis dengan Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari nilai posttest kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen (IIIB) yaitu 69,50 lebih tinggi dari nilai posttest kemampuan kognitif siswa pada kelas kontrol (IIIC) yaitu 57,31. Dengan demikian kesimpulannya adalah terdapat pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe snowball throwing pada pembelajaran IPS terhadap kemampuan kognitif siswa kelas III SD Immanuel Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci :, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemampuan Kognitif, Snowball Throwing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 6346606 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2016 06:16
Terakhir diubah: 28 Jul 2016 06:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23211

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir