PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

Siti Nur Halimah, 1213023066 (2016) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1208Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1209Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Natar kelas X-8 sebagai kelas eksperimen. Efektivitas model inkuiri terbimbing ditentukan dengan uji-t dan uji effect size terhadap perbedaan rerata nilai pretes dan postes, baik n-Gain motivasi belajar maupun n-Gain penguasaan konsep. Berdasarkan pengujian menggunakan uji-t dan uji effect size diperoleh kesimpulan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran inkuiri terbimbing, penguasaan konsep.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 8383979 . Digilib
Date Deposited: 29 Jul 2016 03:29
Last Modified: 29 Jul 2016 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23242

Actions (login required)

View Item View Item